4 Cara Alami Berikut Terbukti Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Picabay
Hi Dear.. puasa ramadhan kali ini lancar ya? Berpuasa adalah salah satu kewajiban kita sebagai umat islam. Jangan sampai puasa menjadi alasan kamu untuk bermalas-malasan. Lebih-lebih buat kamu yang sudah bekerja. Jangan sampai performa kamu dalam kerja menurun akibat berpuasa. Salah satu kendala yang membuat performa kerja menurun adalah bau mulut saat puasa. Bau mulut memang mengaggu ya Dear! Terutama bagi kamu yang sering berinteraksi dengan oranglain. Jadi minder deh untuk buka mulut menyampaikan pendapat berinteraksi dengan orang lain. Wah bisa berabe ini!

Apa sih penyebab bau mulut saat puasa? Tahu gak sih, orang sedang berpuasa akan berkurang air liurnya sehingga rongga mulut menjadi lebih kering. Rongga mulut yang kering tersebut mengakibatnya timbul halitosis atau bau mulut. hmm.. pantas saja ya Dear, saat puasa bau mulut kita semakin yahut wkkk..

Kalau kamu merasa bau mulutmu kurang sedap , gak usah sedih Dear! Berikut ada beberapa cara sederhana dan alami membasmi bau mulut yang pasti bahannya banyak kamu temui di rumah. Simak ya!

1. Baking Soda

healthline.com
Kamu yang biasa membuat kue pasti sudah hafal yang namanya baking soda. Kerena baking soda memang salah satu bahan pembuat kue. Tapi tahukah Dear, baking soda ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho! Bisa untuk mengobati asam lambung, kulit gatal, memutihkan gigi dan juga bau mulut.

Untuk kamu yang ingin membasmi bau mulut dengan baking soda. Caranya kamu sukup menyiapkan baking soda, air hangat, garam, dan pasta gigi. Langkah pertama gunakan baking soda untuk menyikat gigi. Ambil 1/2sdt baking soda dan pasta gigi secukupnya untuk menyikat gigi. Sikat dengan bersih kemudian kumur. Langkah kedua, gunakan baking soda untuk kumur. Ambil 1sdt baking soda. Kemudian masukkan ke dalam 1 gelas air hangat dan aduk. Gunakan air larutan baking soda untuk berkumur. Cara ini aman kamu lakukan 2hari sekali. Isha Allah bau mulut minggat, gigipun lebih putih!

2. Membersihkan Lidah

jabar.tribunnews.com
Setelah menyikat gigi, jangan lupa membersihkan lidahmu ya dear! Karena lidah adalah bagi bakteri penyebab bau mulut. Eit.. Jangan gunakan sikat gigi ya! Membersihkan lidah menggunakan sikat gigi adalah cara yang salah. Karena hal ini malah akan menambah bakteri di lidah atau bisa saja malah membuat berkurangnya indra perasamu. Wah gawat ya! Trus bagaimana cara yang benar? Coba cek bagian belakang sikat gigimu. Terktur bergerigi atau bergelombang di sikat gigigmu ini ada memang ditujukan untuk membersihkan lidah lho dear! Bahannya yang kenyal dari karet aman untuk lidahmu. Jadi mulai sekarang bersihkan lidahmu perlahan dengan punggung sikat setiap hari ya.. Agar bersih dari bakteri, sisa makanan dan sel mati. Dijamin lidah bersih, bau mulutpun segar!

3. Cukupi Kebutuhan Karbohidrat Dalam Tubuh

tagar.id
Tidak cukup hanya sekedar membersihkan gigi dan mulut setiap hari. Karena ternyata kurangnya asupan karbohidrat yang kurang dalam tubuh bisa memicu bau mulut. Sebuah studi menemukan orang yang diet karbo, mulutnya cenderung bau karena saat tubuhnya membakar lemak terjadi ketosis yakni proses pembakaran lemak sebagai energy. Proses tersebut menyebabkan terbentuknya zat keton. Zat pemicu bau di rongga mulut. Jadi jangan malas ya saat sahur, jika gak mulutnya bau!

4. Mengkonsumsi Buah-buahan

merdeka.com
Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa. Salah satunya makan buah-buahan saat sahur. Buah-buahan yang terbukti ampuh mencegah bau mulut diantaranya ; buah apel, jambu biji, lemon, buah pir, wortel segar dan mentimun. Buah-buahan kaya serat tersebut mampu membersihkan kuman dan anti virus yang bermanfaat melawan bakteri jahat dalam mulut. Bahkan beberapa buah, seperti buah pir dan mentimun mampu memproduksi air liur pada rongga mulut. Sehingga bau mulut hilang!

Cara-cara di atas adalah langkah mudah dan sedehana untuk menghalau bau mulut tak sedap. Agar anda percaya diri saat berbicara dan berdekatan dengan orang lain saat berpusa ramadhan seperti ini. Namun perlu diingat cara ini tidak menghilangkan bau mulut secara permanen. Untuk mendapatkan nafas segar sesiap saat. Anda harus rutin merawat gigi dan menjalankan pola hidup yang sehat. Setuju!

2 Komentar

  1. wah maaksih, dg makan buah2an ternyata manjur ya

    BalasHapus
  2. Saya br tau ternyata punggung sikat gigi ya yg harusnya dipakai untuk menyikat lidah 😧 trims yah tipsnya

    BalasHapus